Bluboo Xtouch, Smartphone Pertama yang Menggunakan Panel Belakang dari 3d Printing

Ads Penggunaan printer 3D sekarang ini sedang ramai digunakan untuk membuat benda kecil dengan detail yang tajam seperti sebuah miniatur atau sebuah mainan kecil. Namun sepertinya penggunaan 3D printing tak hanya sebatas untuk membuat benda-benda kecil saja, bahkan sekarang mulai memasuki dunia produksi smartphone.

Vendor teknologi bernama Bluboo merupakan vendor pertama yang mengembangkan smartphone menggunakan printer 3D. Pihak Bluboo mengatakan bahwa smartphone buatan mereka yang diberi nama Bluboo Xtouch adalah smartphone pertama yang panel belakangnya diproduksi menggunakan teknik 3D Printing.


Tak hanya menciptakan inovasi desain dengan menggunakan 3D printer saja, namun setelah dicetak menggunakan printer 3D, Bluboo juga menambahkan craft film bermaterial nano komposit agar menciptakan kesan seperti kristal atau diamond sehingga tampilan smartphone tersebut menjadi lebih elegan.

Sedangkan untuk spesifikasinya, Bluboo Xtouch mengusung layar seluas 5 inci dengan resolusi Full HD 1920×1080 pixel yang  telah dilapisi dengan Gorilla Glass 3 agar tahan dari goresan. Untuk sektor dapur pacu smartphone ini ditanami oleh chipset MediaTek MT6753 SoC berprocessor octacore serta didukung dengan RAM 3 GB LPDDR3 dan untuk penyimpanan tersedia ruang internal 32 GB yang bisa diperluas menggunakan micro SD.

Pada sektor fotografi, smartphone ini ditanami kamera utama sebesar 13MP serta kamera depan 8MP untuk menangani kebutuhan selfie atau video call. Bluboo Xtouch menggunakan OS Android 5.1 serta dibekali dengan baterai berdaya 3.050mAh. Untuk ketersediaannya belum diketahui kapan tanggal rilisnya, sedangkan untuk hargannya ditaksir akan dibanderol seharga USD 150 atau sekitar 2 juta Rupiah. Ads